Wednesday, June 23, 2021
Home Kajian Fiqih Ibadah Adab-adab Mengeluarkan dan Menerima Zakat Fitrah

Adab-adab Mengeluarkan dan Menerima Zakat Fitrah

KIBLATKU.COM – Puasa tinggal hitungan beberapa hari lagi akan pergi, Idul Fitri akan segera menyambut umat muslimin. Sebelum Ramadhan pergi hendaknya kita memanfaatkannya dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kita. Sebelum Ramadhan berakhir ada ibadah dan kewajiban yang harus kita tunaikan, yaitu zakat fitrah. Kewajiban zakat fitrah ini harus dikeluarkan oleh setiap umat muslim, sebagai penyempurna ibadah puasa di bulan ramadhan.

Sebelum kita melaksanakan kewajiban kita mengeluarkan zakat fitrah ada baiknya harus kita perhatikan beberapa adab dalam mengeluarkan dan menerima zakat fitrah, supaya ibadah kita menjadi betul-betul sesuai dengan tuntunan dan kemudian mendapatkan keutamaan pahala serta keberkahan dalam menjalankannya.

Di dalam buku Pedoman Zakat karya Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy dijelaskan beberapa adab dalam mengeluarkan dan menerima zakat fitrah, mari kita simak sebagai berikut:

Adab-Adab Mengeluarkan Zakat

Pertama, meluruskan niat. yaitu ketika hendak melaksanakan zakat fitrah niat kita yaitu harus semata-mata hanya karena Allah. tidak karena niat yang lainnya, harta yang kita keluarkan sebagai zakat fitrah semata-mata mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Kedua, menyegerakan dalam mengeluarkan zakat. hendaknya seseorang janganlah menunda-nunda dalam mengeluarkan zakat apabila telah sampai waktu nya dalam berkewajiban mengeluarkan zakat fitrah, hendaknya ia segera memenuhi kewajibannya tsb. apabila kita tidak sanggup membayarkannya sendiri dikarenakan sedang sibuk dsb maka boleh kita mewakilkannya kepada orang lain untuk membayarkan zakat fitrah kita.

Ketiga, memberikan zakat fitrah kepada yang berhak. atau memberikannya kepada lembaga-lembaga zakat yang mampu menyalurkan zakat tersebut dengan sempurna. dan hendaknya orang yang berhak menerima zakat tersebut adalah yang dekat dengan lingkungan kita, misalnya tidak memberi zakat fitrah di Aceh sedangkan kita tinggal di Jawa.

Keempat, hendaknya memahami maksud dan tujuan diwajibkannya zakat fitrah. mengetahui niat, hikmah dan faedah zakat fitrah, memahami bahwa zakat fitrah adalah sebagai ujian bagi kekuatan dan kebenaran iman.

Kelima, hendaknya mengeluarkan zakat fitrah dengan tidak disertai dengan riya dan sum’ah, tidak ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain, tidak ingin dianggap sebagai seorang yang baik atau dermawan oleh orang lain. karena amalan yang disertai riya dan sum’ah maka amalan tersebut akan menjadi rusak.

Keenam, Hendaknya memberikan yang sebaik baiknya untuk zakat fitrah nya tersebut, barang/harta yang akan kita pergunakan untuk zakat fitrah haruslah dari sesuatu barang yang terbaik, tidak mengeluarkan zakat fitrah dengan sesuatu yang jelek dan kualitasnya kurang.

Adab-Adab Menerima Zakat

Selain orang yang mengeluarkan zakat yang harus menggunakan adabnya. orang yang menerima zakat pun seyogyanya menjaga beberapa adab sebagai berikut:

Pertama, mempergunakan pemberian zakat fitrah tersebut untuk kepentingan yang baik dan benar, tidak menggunakan harta zakat yang telah kita terima untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, atau mempergunakannya untuk sesuatu yang tidak baik, atau bahkan mempergunakannya untuk sesuatu kemaksiatan.

Kedua, hendaklah ia mengungkapkan rasa terimakasih kepada orang yang memberi zakat fitrah, dengan mengucapkan doa kepada yang memberi zakat fitrah dengan Do’a sebagai berikut:

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Artinya :“Semoga Allah memberikan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Allah memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu.

”Ketiga, hendaklah memperhatikan benar -benar kadar pengambilan nya, tidak mengambil lebih dari kadar keperluannya. Dikarenakan orang yang membutuhkan zakat fitrah itu lumayan banyak, atau angka fakir miskin sangat banyak. Maka apabila kita telah cukup menerima sejumlah zakat itu untuk kepentingan kita, maka untuk kelebihannya kita arahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah kepada orang lain yang juga membutuhkan.

Demikianlah adab-adab mengeluarkan dan menerima zakat fitrah telah dijelaskan, semoga semua amalan atau ibadah kita dapat diterima oleh Allah SWT. Dan zakat fitrah yang kita keluarkan atau yang kita terima membawa keberkahan. Wallahu’alam

Penulis: Muhammad Riyan (Mahasiswa Program Magister Hukum Keluarga Islam di UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten dan Pengajaran di Pondok Pesantren Assa’adah Serang-Banten)

RELATED ARTICLES

Kiat Menghindari Bencana (Musibah) Menurut Alquran dan Hadis

KIBLATKU.COM - Bencana alam bukan sekadar fenomena biasa sebagaimana dipahami orang-orang sekuler. Allah Azza wa Jalla sudah menguraikannya dengan sangat jelas dalam...

Masih Ada Waktu, Berikut Hukum dan Keutamaan Puasa Syawal

KIBLATKU.COM - Setelah melaksanakan kewajiban berpuasa selama satu bulan di bulan Ramadhan, kemudian diakhiri dengan merayakan Idul Fitri, ada salah satu anjuran...

Puasa Qadha, Ketentuan dan Waktu Terbaiknya

KIBLATKU.COM - Mudik merupakan tradisi yang sudah melekat di republik ini meski di era pandemi Covid-19, masyarakat masih ‘nekad’ memanfaatkan momen Idul...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Resmi Dirilis, Inilah Edaran Prokes Penyelenggaraan Salat Iduladha dan Qurban 1442 H

KIBLATKU.COM - Kementerian Agama menerbitkan edaran tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Salat Iduladha 1442 H/2021 M dan pelaksanaan qurban di masa...

BPJPH Kembali Fasilitasi Sertifikasi Halal Produk UMK

KIBLATKU.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag tahun ini akan kembali memfasilitasi sertifikasi halal produk pelaku usaha mikro dan kecil...

Sukses Gelar Munas IX, Iwapi Ajak Pengusaha Wanita Beralih ke Digital Marketing

KIBLATKU.COM - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia atau IWAPI sukses menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-IX secara online dan offline yang diikuti ribuan anggota...

Bima Arya Buka Pameran Perupa Perempuan Bogor

Kiblatku.com - Perupa Perempuan Bogor bekerjasama dengan Rancamaya Golf Estate dan Bank BJB didukung Pemkot Bogor, menggelar Pameran Seni Rupa pada 20-27...

Recent Comments