Info Halal News

Awas! Belum Ada Fatwa Halal MUI untuk Vaksin AstraZeneca, Pfizer dan Novavax

KIBLATKU.COM – Program vaksinasi masih dilakukan oleh pemerintah Indonesia di beberapa daerah. Informasi terbaru, selain Vaksin Sinovac, pemerintah Indonesia telah mengamankan tiga vaksin Covid-19 lainnya yakni vaksin AstraZeneca, Pfizer dan Novavax. Ketiganya saat ini masih dalam tahap uji klinis oleh pihak terkait.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH. Cholil Nafis mengungkapkan sampai saat ini MUI belum menerima laporan atau pengajuan fatwa halal dari tiga vaksin tersebut. Namun, ketika pengajuan sudah dilakukan, maka MUI akan langsung melakukan penelitian dan pemeriksaan halalnya.

Dalam melakukan penelitian, ada beberapa hal yang bakal dilakukan. Pertama adalah dengan melakukan uji laboratorium, dan di saat bersamaan akan dicari dalil-dalilnya.

“Sisanya 3 tadi setelah mengajukan kepada MUI, lalu MUI akan melakukan penelitian pemeriksaan halal atau audit lalu akan dilakukan uji lab, lalu juga dicarikan dalil-dalilnya dengan tentu ada tiga hal,” ujarnya dalam acara Webinar Vaksin Covid-19 untuk Indonesia Bangkit, seperti dilansir KIBLATKU.COM dari okezone.com, Sabtu (30/1).

Ada tiga hal nantinya yang akan dilakukan penelitian dan dicocokan dengan dalil yang ada. Pertama adalah berkaitan dengan sumber bahannya, kemudian asal dari barangnya dan yang terakhir adalah prosesnya.

“Satu berkenaan dengan bahanya sumbernya itu, kedua adalah isu dari barangnya itu, tak lupa lalu sampai pada proses. Jadi mulai dari bahan, sumbernya olahannya sampai pada prosesnya itu diteliti oleh MUI,” jelasnya.

Namun menurut Cholil, hingga saat ini pihaknya masih belum menerima pengajuan fatwa halal untuk tiga vaksin tersebut. Kemungkinan, lanjut Cholil, setelah seluruh proses yang berkaitan dengan pemerintah, baru segera diajukan usulan fatwa halalnya ke MUI.

“Nah, yang tiga disebutkan oleh Pak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) tadi kami belum menerima juga belum meneliti. Mungkin nanti setelah ada kepastian atau hubungan dari pemerintah biasanya baru diajukan kepada MUI,” jelasnya.[]

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *