Monday, May 10, 2021
Home Kajian Fiqih Ibadah Catat Ya! Kiat Khatam Alquran Selama Bulan Ramadhan

Catat Ya! Kiat Khatam Alquran Selama Bulan Ramadhan

KIBLATKU.COM – Memasuki bulan suci Ramadhan, umat Muslim tidak saja diwajibkan untuk berpuasa, tetapi juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah lain yang pahalanya berlipat ganda. Tadarus Al-Qur’an adalah salah satunya.

Sayang sekali, bulan Ramadhan tahun ini terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Toa-toa dan pelantang Masjid seolah mendadak absen dari sahut-menyahut tadarus Al-Qur’an.

Tentu saja, situasi tersebut menjadi kepiluan tersendiri. Apalagi untuk kalangan santri yang biasa menjalankan puasa di pesantren dan mengikuti tradisi-tradisi yang dilestarikan di pesantren, seperti mengaji bandongan kitab tematik, latihan kultum, dan sebagainya, itu semua seketika menjadi barang mewah yang dirindukan.

Seperti diketahui, musabab perbedaan bulan suci Ramadhan tahun ini dikarenakan datangnya makhuk renik bernama Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang mendarat sempurna di bumi ini.

Sejak awal debutnya di Wuhan, kedatangan Covid-19 ini membuat semua orang kepayahan dalam menyikapinya. Alhasil, beberapa negara lalu menguras energi dan pikiran mereka, mengeluarkan berbagai kebijakan, termasuk Indonesia. Salah satu buah dari kebijakan itu berbunyi “saatnya bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan ibadah dari rumah’.

Berangkat dari kebijakan tersebut, kita mau-tidak-mau menjadi semakin banyak melakukan ibadah-ibadah bulan suci Ramadhan di rumah saja.

Nah, berikut ini adalah skema atau kiat praktis tadarus Al-Qur’an yang bisa kalian lakukan selama Ramadhan di rumah saja.

#1 Mengkhatamkan Al-Qur’an satu kali selama Bulan Ramadhan

Jika Anda tidak sedang dalam kesibukan yang berarti, dan butuh kesabaran ekstra dalam mendaras ayat-demi ayat Al-Qur’an, ini bisa menjadi solusi. Pembagian membacanya adalah dua lembar atau setara dengan empat halaman Al-Qur’an (cetakan kudus/versi Madinah) setiap selesai melakukan shalat fardlu lima waktu.

Jadi, dalam sehari kamu bisa mendapatkan 1 Juz. Dan jika konsisten, dalam sebulan penuh atau setara 30 hari, kamu bakal bisa mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz sebanyak 1 kali. Mudah bukan?

Tapi, bagaimana dengan, misal, bulan Ramadhan yang biasanya tidak genap 30 Hari?

Pada dasarnya, ini bukanlah masalah yang genting. Kalau Anda adalah, umpamanya, seorang beginner dalam membaca teks Arab, maka bisa istiqomah membaca Al-Qur’an dan mencapai lebih dari 20 Juz dalam sebulan itu sudah luar biasa.

Namun, kalau Anda adalah seorang intermediate atau expert, maka ada baiknya mengambil skema yang berikut ini.

#2 Mengkhatamkan Al-Qur’an dua kali selama Ramadhan

Aturan mainnya adalah masih sama dengan yang pertama, yakni mengandalkan patokan shalat lima waktu. Yang beda hanyalah jumlah yang musti dibaca, dalam hal ini adalah sebanyak empat lembar (8 halaman) Al-Qur’an setiap selesai sembahyang lima waktu.

Dengan begitu, selama sehari kamu bisa mendapatkan 2 Juz, dan jika istiqomah selama sebulan penuh bakal mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz sebanyak 2 kali.

#3 Mengkhatamkan Al-Qur’an tiga kali selama Ramadhan

Jika dilihat dari jumlah khatamannya, ini mungkin terdengar luar biasa. Tapi, percayalah, sebetulnya biasa saja.

Nah, pembagian membacanya adalah sebanyak enam lembar (12 halaman) Al-Qur’an setiap selesai melakukan shalat fardlu. Jadi, selama sehari, kamu bisa mendapatkan 3 Juz, dan selama sebulan penuh jika dilakukan dengan istiqomah bisa mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz sebanyak tiga kali.

#4 Mengkhatamkan Al-Qur’an empat kali selama Ramadhan

Langsung saja, pembagian membacanya adalah sebanyak delapan lembar (16 halaman) Al-Qur’an saban selesai melakukan shalat fardlu. Kalau ini dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka selama sehari Anda akan mendapatkan 4 Juz, dan selama sebulan penuh jika dilakukan dengan istiqomah bisa mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz sebanyak 4 kali.

#5 Mengkhatamkan Al-Qur’an lima kali selama Ramadhan

Ini biasanya dilakukan oleh para santri senior atau mereka yang telah punya hafalan Qur’an 30 Juz. Meski begitu, kalau Anda berkenan untuk mencobanya juga tiada soal.

Masih serupa dengan yang sebelumnya, kalau ditinjau secara matematis, pembagian membacanya adalah satu Juz (10 lembar/20 halaman) Al-Qur’an setiap selesai melakukan shalat fardlu.

Dengan demikian, selama sehari Anda akan mendapatkan 5 Juz, dan selama sebulan penuh (dengan sedikit additional time) jika dilakukan dengan istiqomah bisa mengkhatamkan membaca Al-Qur’an 30 Juz sebanyak 5 kali.

Demikianlah, semoga saja Ramadhan edisi di rumah aja tahun ini, kita bisa semakin meningkatkan ketakwaan dan kesalehan, baik ritual maupun sosial, serta melaksanakan itu semua dengan sepenuh hati, sehingga berganjar nikmat berupa pahala yang berlipat-lipat. (M/AS)

RELATED ARTICLES

Awas Ya! Jangan Lupa Niat agar Puasa Ramadhan Tetap Sah

KIBLATKU.COM - Sudah menjadi pemahaman bersama umat Islam di Indonesia yang notabene mayoritas bermazhab Syafi’i, bahwa niat puasa wajib khususnya puasa Ramadhan...

Hukum Membatalkan Puasa Ramadhan bagi Pasien Covid-19

KIBLATKU.COM - Wabah pandemic Covid-19 sudah menginjak satu tahun, jumlah kasus harian masih dinamis. Semakin banyak orang yang dites, maka kasus baru...

Tafsir Surat Al-Qadr: Keistimewaan Malam Lailatul Qadar

KIBLATKU.COM - Tak terasa kita sudah mulai memasuki hari-hari terakhir bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Sebagai umat yang cerdas, kita harus memanfaatkan momen...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Aplikasi Bayar Zakat Fitrah Online

KIBLATKU.COM - Mendekati hari Lebaran, umat muslim di Tanah Air mulai menyalurkan zakat fitrah. Lantaran masih pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita beraktivitas...

Dukung Kaum Millenial, BSI Luncurkan Griya Simuda

KIBLATKU.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) meluncurkan pembiayaan perumahan BSI Griya Simuda yang menyasar segmen milenial, dengan target penyaluran pada...

Penyelenggaraan Idul Fitri di Tengah Pandemi, Simak Panduannya!

KIBLATKU.COM - Idul Fitri 1442 H/2021 M masih dalam suasana pandemi. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan Salat Idul Fitri...

Seleksi Mandiri UIN Jakarta Dibuka 10 Mei, Simak Jadwalnya

KIBLATKU.COM - Pendaftaran seleksi penerimaan calon mahasiswa baru UIN Jakarta tahun akademik 2020/2021 melalui jalur Seleksi Mandiri (SPMB Mandiri) akan dibuka mulai...

Recent Comments