Info Halal News

Keren, Malaysia Punya Aplikasi untuk Cek Status Produk Halal

KIBLATKU.COM – Malaysia meluncurkan aplikasi seluler dengan nama ‘SmartHalal’. Dengan adanya aplikasi ini, konsumen dapat memeriksa status halal suatu produk atau layanan secara instan dan mudah, dengan pemindai kode QR yang ada.

Menteri Urusan Agama Islam Malaysia, Datuk Seri Zulkifli Mohamad Al Bakri, mengatakan konsumen harus mengunduh aplikasi SmartHalal terlebih dahulu di perangkat pintar mereka, sebelum mereka dapat mulai menggunakan sistem QR Code.

“Hanya dengan satu pemindaian, pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi sertifikasi halal yang ingin mereka bagikan,” ujarnya saat acara peluncuran aplikasi SmartHalal, dilansir di Malay Mail, Senin (1/2).

Aplikasi SmartHalal ini dikembangkan berdasarkan Sistem Sertifikasi Halal Malaysia (MYeHALAL). Alat ini merupakan produk kolaborasi strategis antara Komisi Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Departemen Pembangunan Islam Malaysia (Jakim) dan Departemen Agama Islam di negara bagian.

Menurut Zulkifli, aplikasi tersebut akan memudahkan pengguna mendapatkan lokasi atau informasi tentang pengecer yang telah diakui dan diberikan sertifikasi Halal Malaysia oleh otoritas. Aplikasi halal ini memiliki beragam fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna. Beberapa di antaranya adalah pengumuman terbaru tentang industri halal, pencarian lokasi melalui Google Maps atau Waze, serta pencarian informasi produk melalui kode QR. Zulkifli mengatakan Jakim akan terus memperbarui dan menyempurnakan sistem kode QR pada aplikasi agar aplikasi ini tetap relevan dan terbaru.[] ihram.co.id

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *