Friday, July 23, 2021
Home Muslim Lifestyle Label Fashion Lawlaka Milik Ronal Surapradja Ternyata Terinspirasi Hadis Nabi

Label Fashion Lawlaka Milik Ronal Surapradja Ternyata Terinspirasi Hadis Nabi

kiblatku.com – Ronal Surapradja dikenal sebagai presenter, komedian, sekaligus aktor yang sukses. Dia tampil di film Vina Bilang Cinta, Janji Joni dan sederet film lainnya. Tak sampai disana, belakangan ini, membawa acara 1000 Tanya di GTV ini mulai melirik dunia fashion.

Dimulai saat pandemi yang memaksa setiap orang untuk tetap di rumah. Waktu santainya pun begitu banyak. Tapi, sebagai pekerja entertainment, Ronal tidak bisa diam begitu saja.
“Pandemi membuat saya lebih banyak memiliki waktu untuk merenung dan mencari jawaban “ke dalam”. Termasuk memaknai hadis “Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan”,” kata Ronal.

Lahirlah Lawlaka, yang pemaknaannya kata itu sejalan dengan kesukaan dirinya terhadap kain Nusantara, seperti batik, lurik, tenun dan lainnya.

“Saya menamakan brand fashion saya ini Lawlaka, lagi lagi diambil dari hadis. Kali ini dari hadis qudsi ‘lawlaka, lawlaka, maa khalaqtu al-aflaka’ yang artinya ”Jika bukan karena engkau, jika bukan karena engkau (wahai Muhammad), Aku tidak akan menciptakan ufuk (alam) ini,” tutur Ronal.

Setelah memiliki ide itu, pemain film Mau Jadi Apa? Ini corat coret di atas kertas, kemudian membeli kain dan membawanya ke tukang jahit. Hasilnya, celana sarung dengan aplikasi kain batik yang unik dan desain awal ini yang digunakan dirinya untuk salat Jumat.

“Pikir saya, jika hendak “bertemu” Dia selayaknya menggunakan pakaian terbaik yang kita punya. Saya tidak mau lagi menggunakan pakaian seadanya saat bertemu Dia yang Maha Memberi Segalanya,” paparnya.


Hasil rancangannya ini pun diunggah di Instagram. Ronal tidak menyangka jika mendapat respon positif. Hal ini yang mendoronganya untuk lebih semangat membuat desain lain.

“Seminggu kemudian hal yang sama saya ulangi lagi. Hasilnya semakin banyak respon positif yang saya terima, bahkan beberapa diantara bertanya, dimana bisa membelinya,” terang Ronal.

“Corat coret berubah jadi desain yang lebih serius, termasuk eksplorasi motif batik, lurik, dan tenun dari berbagai daerah di Indonesia. Ide pun mengalir deras,” sambungnya.

Namun, yang membuat rancangan Ronal ini semakin diminati adalah karena desain Lawlaka limited, dalam arti bukan model artikelnya, melainkan motif batik, lurik, atau tenunnya tidak diproduksi dalam jumlah banyak.

“Model bisa sama, tapi motif dan warna bisa berbeda. Meski awalnya memang setelan untuk kegiatan keagamaan, Lawlaka inklusif untuk semua kalangan karena menyukai keindahan adalah fitrah semua manusia, meski kadang dikesampingkan atas nama kepraktisan,” beber dia.

 Hadirnya Lawlaka membuat Ronal makin gencar untuk menghasilkan beragam desain yang menarik. Hal itu bisa dilihat di Instagram @Lawlaka.Indonesia, website www.lawlaka.com, dan e-commerce. “Sementara untuk departement store, Lawlaka bekerja sama dengan Metro Plaza Senayan. Saya harapan akan bertambah di mall atau kota lainnya,” tutup dia.[] sindonews

RELATED ARTICLES

Pameran Virtual InaFashion Smesco Online Expo 2021 Dibuka

KIBLATKU.COM - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki membuka secara resmi pameran virtual InaFashion Smesco Online Expo 2021 yang berlangsung pada 21-30...

Muffest Bekasi 2021, Bekasi Dilirik Jadi Salah Satu Pasar Busana Muslim

KIBLATKU.COM - Kota Bekasi yang selama ini kerap di-bully, ternyata mulai dilirik sebagai salah satu pasar busana muslim. Hal ini dikatakan oleh...

Tetap Produktif Saat Ramadhan, Asiara Rilis Lagu Religi

KIBLATKU.COM - Bulan Ramadhan telah datang, banyak kaum muslimin memanfaatkan bulan ini dengan beragam ibadah seperti tadarus Quran dan juga kegiatan produktif...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Hanya Di BSI, Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM, Kok Bisa!

KIBLATKU.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus melakukan terobosan dengan menghadirkan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM yaitu hanya dengan menggunakan...

Kemenag Segera Luncurkan Program ‘Sehati’, Sertifikasi Halal Gratis untuk UMK

KIBLATKU.COM - Kemenag segera meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk UMK (Usaha Mikro dan Kecil). Program ini menjadi bentuk dukungan pemerintah...

Merindukan Pemimpin Perempuan

KIBLATKU.COM - Kehadiran perempuan dalam podium kekuasaan bukan barang baru. Sejarah mencatat Ratu Bilqis sebagai seorang pemimpin pada masa Nabi Sulaiman. Dikenal...

Ada Apa Dengan Sekularisme

KIBLATKU.COM - Kenangan indah itu bernama sekularisme. Bdadari cantik yang diburu banyak orang bukan sekularisme atau tidak sekularisme, tapi ada wilayah tertentu...

Recent Comments