Monday, October 18, 2021
Home Kajian Masjidil Aqsa, Kiblat Pertama Umat Muslim

Masjidil Aqsa, Kiblat Pertama Umat Muslim

“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami.  Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat.”

KIBLATKU.COM – Begitu sabda Allah SWT dalam Al Quran Surat Al Isra ayat 1. Ayat ini menjadi bukti tentang kesucian Masjidil Aqsha di Palestina, sebagaimana Masjidil Haram di Mekah. Dari Masjidil Aqsha inilah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam (SAW) singgah sebelum dimi’rajkan menghadap Allah SWT.

Dan masjid ini pula pernah dijadikan kiblat yang pertama sebelum kemudian dialihkan ke Kabah di Mekah. Secara historis, bangunan yang juga disebut dengan Masjid Baitul Maqdis (rumah suci) atau Masjid Iliya ini adalah milik kaum muslim.

Kesucian Masjidil Aqsha bukan sekadar lantaran pernah dijadikan kiblat dan tempat ibadah umat Islam, tapi Masjidil Aqsha menjadi simbol kebesaran kaum muslim. Namun, kalau bicara hari ini, Yerussalem, Palestina sebagai kota suci bagi kaum muslimin, karena Masjidil Aqsha itu, begitu berbahaya. Rawan penghancuran, kejahatan dan konflik berkepanjangan akibat ego kaum Yahudi atas Yerussalem yang juga diklaim sebagai kota suci mereka.

Dulu, Palestina dihuni oleh dua suku Arab yakni suku Finiqiyyun dan Kan’aniyyun. Kemudian negeri itu didatangi orang-orang Yahudi yang lari dari kejaran Fir’aun. Di masa Khalifah Umar bin Khattab, Palestina masih menjadi bagian dari wilayahnya.

Oleh Rasululah SAW, Masjidil Aqsha juga disebut dengan masjid berkubah biru. Masjid yang terletak di Kota Yerussalem Timur atau dikena dengan wilayah Al Haram Asy Syarif, bagi umat Islam atau Har Ha Bayit (Bukit Bait Allah atau Temple Mount/Kuil Bukit) bagi umat Yahudi dan Nasrani.  Masjid berukuran seperenam dari seluruh area Al Haram Asy Syarif berada di dalam tembok Kota Lama Yerussalem.

Di dalam kawasan Al Haram Asy Syarif ini selain ada bangunan Masjidil Aqsha, juga terdapat Masjid Kubah Batu Shakhrah (The Dome of The Rock). Sedangkan bentuk Masjidil Aqsha yang sekarang ini, dibangun oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan dari Daulah Umayyah (Dinasti Bani Umayyah) pada tahun 66H/685M dan selesai pada 73H/705M.

Jadi, Masjidil Aqsha yang didirikan pertama kali oleh Khalifah Umar bin Khattab ini berupa rumah ibadah kecil. Kemudian diperbaiki dan dibangun kembali oleh Sultan Abdul Malik bin Marwan pada tahun 685M dan diselesaikan oleh putranya Sultan Al-Walid pada tahun 705M.

Sempat beberapa kali direnovasi lantaran rusak akibat gempa bumi pada 746M dan 1033M. Terakhir masjid ini dipugar pada masa Sultan Ali Az-zahir pada 1035M hingga terlihat bangunannya seperti sekarang ini.

Sementara kubah As-Shakhrakh terletak di tengah kompleks Al-Haram asy-Syarif di dalam tembok kota lama Yerusalem Timur.  Bangunan kubah ini didirikan pada tahun 691M di masa Sultan Abdul Malik bin Marwan untuk menaungi batu (Shakhrakh) yang dipercaya sebagai tempat Rasulullah melaksanakan Mi’raj ke Sidratul Muntaha pada peristiwa Isra’ Mi’raj.

Biro travel yang menjadikan Masjidil Aqsha sebagai salah satu tempat yang diziarahi, biasanya menggunakan Amman sebagai titik poin menuju Yerussalem lewat Allenby Bridge dan Jericho. Sebelum menuju ke tujuan utama, lebih dulu ziarah ke Makam Nabi Musa, Gunung Zaitun, Masjid Salman Al Farisi baru kemudian ke Masjidil Aqsha, berikut The Dome of The Rock dan Masjid Omar.

Beberapa biro perjalanan yang menawarkan umrah plus Aqsha, kadang akan tinggal di Yerussalem selama dua malam. Sebab, selain mengejar keutamaan ibadah sholat di Masjidil Aqsha, Anda juga bisa berziarah ke tempat kelahiran Nabi Isa di Bethelem. Lalu ziarah ke makam Nabi Ibrahim, Nabi Ishak dan Nabi Yakub beserta istri-istrinya di komplek Masjid Al Khalil. 

RELATED ARTICLES

Kurban Kambing secara Patungan, Bolehkah?

KIBLATKU.COM - Idul Adha identik dengan kurban. Ia sekaligus menjadi ajang berbagi sesama. Pada hari itu, semua muslim di manapun merasakan nikmatnya...

Ketentuan Qurban dan Dasar Hukumnya dalam Islam

KIBLATKU.COM - Idul Fitri dan Idul Adha datang sekali dalam satu tahun. Keduanya adalah hari besar Islam dengan fadhilah yang berbeda. Masing-masing...

Kiat Menghindari Bencana (Musibah) Menurut Alquran dan Hadis

KIBLATKU.COM - Bencana alam bukan sekadar fenomena biasa sebagaimana dipahami orang-orang sekuler. Allah Azza wa Jalla sudah menguraikannya dengan sangat jelas dalam...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Polemik Pencatatan Nikah Siri, Ini Komentar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

KIBLATKU.COM - Polemik tentang pernikahan siri dapat ditulis di Kartu Keluarga (KK) menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Ini dipicu dari keberadaan Peraturan...

Yuk Daftar! Ada Sunatan Gratis untuk Warga Cisauk Kab Tangerang

KIBLATKU.COM - DKM Musala Nurul Amal bersama Mitra Khitan Modern dan Yayasan Lentera al-Qur'an Elhasani akan menggelar acara Maulid Nabi SAW 1443...

Demi Keadilan Nasional, DPR Usulkan RUU Ekonomi Syariah

KIBLATKU.COM - Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekonomi Syariah telah diusulkan menjadi Prolegnas (Program Legislasi Nasional) Prioritas Tahun 2022 oleh Fraksi PKS dan juga Komisi XI DPR RI....

PTKI Harus Responsif, Beri Solusi Masalah Bangsa

KIBLATKU.COM - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi menggarisbawahi pentingnya peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam merespon persoalan sosial keagamaan. Untuk...

Recent Comments