Sunday, August 1, 2021
Home News Menko PMK Dukung BAZNAS Mantapkan Pengelolaan Zakat Nasional

Menko PMK Dukung BAZNAS Mantapkan Pengelolaan Zakat Nasional

KIBLATKU.COM – Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mendukung upaya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk memantapkan pengelolaan perzakatan nasional. Hal itu ditekankan agar pengelolaan zakat di lingkungan ASN dapat terserap secara efektif.

“Kemenko PMK bersama Kementerian Agama dan BAZNAS telah mendorong penguatan instrumen hukum agar pengelolaan zakat, khususnya di lingkungan ASN, TNI dan Polri dapat dilakukan secara efektif dan komprehensif,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Rabu (7/4/2021).

Hal ini dia ungkapkan saat menyampaikan materi presentasi berjudul ‘Dukungan Kemenko PMK Terhadap Pengembangan Zakat di Indonesia’ pada hari kedua Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Zakat 2021 di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Senin (5/4).

Pada acara yang dibuka Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin itu, Muhadjir memaparkan zakat adalah salah satu rukun Islam yang pelaksanaannya didasarkan pada syariat atau hukum Islam.

“Selain sebagai ritual, zakat juga merupakan ibadah sosial juga memiliki dimensi politik, apabila dikaitkan dengan campur tangan keterlibatan negara yang lebih dalam proses pengelolaannya,” terangnya.

Menurut dia, sebagai negara yang memiliki populasi penduduk muslim terbesar di dunia, persoalan zakat menjadi tak dapat dipisahkan dari kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Besarnya penduduk muslim indonesia berbanding lurus dengan besarnya potensi zakat di negeri ini.

“Potensi zakat di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari Rp 230 triliun merupakan jumlah yang sangat besar yang dapat menjadi solusi finansial dalam mengatasi permasalahan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi dan sosial di Indonesia,” tuturnya.

Meski begitu, menurutnya negara tidak memaksa warga negara Indonesia dalam membayar zakat, karena membayar zakat adalah bersifat sukarela. “Negara berperan sebagai pengatur, pengelola dan juga sebagai pengawas saja,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Noor Achmad menyampaikan terima kasih kepada Menko PMK atas dukungan dan upaya optimalisasi peran BAZNAS melalui penguatan regulasi.

“Terima kasih dan apresiasi setinggi-tinggi dari BAZNAS untuk Menko PMK dan segenap jajaran atas dukungan dan upaya optimalisasi peran BAZNAS melalui penguatan regulasi. Semoga bisa mendorong BAZNAS menjadi pilihan pertama pembayar zakat, lembaga utama menyejahterakan umat,” kata Noor Achmad.

Dia memaparkan Rakornas Zakat 2021 yang berlangsung selama tiga hari kemarin dihadiri 25 peserta dari BAZNAS pusat, 130 Pimpinan BAZNAS provinsi se-Indonesia dan para pejabat negara seperti Menko PMK, Menko Polhukam, Menko Perekonomian, Menteri Agama, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur BI, Ketua dan Pimpinan Komisi VIII DPR, mitra BAZNAS dan berbagai pihak yang tak bisa disebutkan satu per satu.

“Hajatan akbar ini menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, dengan melibatkan Satgas Covid-19 dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), layanan tes antigen oleh tim Rumah Sehat BAZNAS (RSB), serta perizinan dari pihak berwenang,” pungkasnya.  (detik)

RELATED ARTICLES

Hanya Di BSI, Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM, Kok Bisa!

KIBLATKU.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus melakukan terobosan dengan menghadirkan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM yaitu hanya dengan menggunakan...

Kemenag Segera Luncurkan Program ‘Sehati’, Sertifikasi Halal Gratis untuk UMK

KIBLATKU.COM - Kemenag segera meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk UMK (Usaha Mikro dan Kecil). Program ini menjadi bentuk dukungan pemerintah...

Dukung IKM Pangan, Kemenag-Kemenperin Sosialisasikan Sertifikasi Halal

KIBLATKU.COM - Kementerian Agama dan Kementerian Perindustrian menyosialisasikan sertifikasi halal bagi pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang bergerak di bidang pangan....

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Asbihu NU Soroti Pembagian Nilai Manfaat Dana Abadi Umat

Jakarta – Kehadiran Badan Pengelola Keuang Haji (BPKH) sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 34 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan haji dinilai...

Hanya Di BSI, Tarik Tunai Tanpa Kartu ATM, Kok Bisa!

KIBLATKU.COM - PT Bank Syariah Indonesia Tbk terus melakukan terobosan dengan menghadirkan fitur tarik tunai tanpa kartu ATM yaitu hanya dengan menggunakan...

Kemenag Segera Luncurkan Program ‘Sehati’, Sertifikasi Halal Gratis untuk UMK

KIBLATKU.COM - Kemenag segera meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk UMK (Usaha Mikro dan Kecil). Program ini menjadi bentuk dukungan pemerintah...

Merindukan Pemimpin Perempuan

KIBLATKU.COM - Kehadiran perempuan dalam podium kekuasaan bukan barang baru. Sejarah mencatat Ratu Bilqis sebagai seorang pemimpin pada masa Nabi Sulaiman. Dikenal...

Recent Comments