Thursday, October 28, 2021
Home Ukhuwah Rohis Garuda Indonesia, Masjid Sebagai Pusat Ibadah dan Perubahan Karakter

Rohis Garuda Indonesia, Masjid Sebagai Pusat Ibadah dan Perubahan Karakter

kiblatku.com – PT Garuda Indonesia (Persero) atau biasa dikenal dengan Garuda Indonesia merupakan merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang utama jasa angkutan udara niaga. Pada awalnya Garuda Indonesia merupakan hasil kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Koninklijke Luchtvaart Maatschappij (KLM), yang merupakan maskapai Belanda yang kemudian semua sahamnya dimiliki oleh Indonesia pada tahun 1953.

Sebagai salah satu maskapai penerbangan terkemuka di Indonesia. Kerohanian Islam Garuda Indonesia Group (Rohis GA) menjadi salah satu Rohis yang paling aktif di antara Rohis BUMN. Rohis ini telah terbentuk sejak berdirinya Garuda Indonesia. Saat itu, pegawai Garuda masih tergabung dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri). Setelah Garuda Indonesia berdiri sebagai BUMN tahun 1999, Rohis GA mulai lebih tersistematis. Berbagai kegiatan sering dilakukan.

Karakter ‘Takbir’ Rohis GA

Sebagai organisasi keagamaan di dalam perusahaan, Rohis PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terus berupaya untuk membina para anggota dan karyawan agar senantiasa memiliki karakter sesuai dengan ajaran Islam. Oleh karena itu, Rohis GA memiliki budaya spiritual yang dikenal dengan ‘Takbir’. Takbir merupakan kepanjangan dari Tingkatkan Akidah dan Ibadah, Amalkan Sunah dalam kehidupan, Kajian Ilmu Alquran dan Hadis, Budayakan Silaturahim dan Ukhuwah, Ingat mengingatkan dalam kebaikan, dan Raih Ridho Ilahi dalam beramal.

Dalam mewujudkan kelima hal tersebut, Rohis GA secara rutin melaksanakan rapat kerja rutin. berharap adanya Rohis GA ini dapat menjadikan masjid dan mushala sebagai pusat kegiatan umat di lingkungan Garuda Indonesia Group dengan kaderisasi dan menjadi agent of change.

Kegiatan rutin yang sering diselenggarakan, di antaranya Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) yang diselenggarakan setiap bulan di Masjid Attaqwa Garuda City, Cengkareng, Jakarta Barat. Acara lainnya yang rutin diselenggarakan, yaitu pengajian bulanan.

Garuda Indonesia pusat dan anak perusahaan juga selalu rutin menyelenggarakan kajian harian. Kajian harian diselenggarakan ba’da shalat Zhuhur dengan ustaz dan tema yang bervariasi. Tema kajian disesuaikan dengan budaya kerja pegawai Garuda Indonesia. Pengurus Rohis yang menentukan tema cocok diberikan.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan dalam manajemen, masjid Rohis GA juga menyelenggarakan workshop manajemen masjid yang diselenggarakan.  Workshop ini diisi oleh Ustaz Ir Muhammad Furqan Alfaruqiy. Kegiatan itu dihadiri oleh 72 jamaah yang terdiri atas pengurus Rohis GA, Yayasan at-Taqwa Garuda, Lazis GA, dan pegawai Muslim Garuda Indonesia.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan peran masjid dengan meningkatkan kualitas SDM sehingga dapat mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan. Budaya kerja yang terdapat dalam perusahaan sebenarnya bagian dari Islam, seperti kejujuran, disiplin, dan kepatuhan.

Di Bulan Ramadhan, Rohis GA juga telah memiliki banyak program unggulan, di antaranya Tarhib Ramadhan, Benah Musholla, One Day One Juz, buka bersama, dan santunan anak yatim oleh direksi dan karyawan GA Group. Ada pula tebar Alquran dan perangkat shalat, buka bersama dengan warga sekitar bandara dan warga binaaan lembaga pemasyarakatan, dan iktikaf Ramadhan.

Lazis dan BMT GA

Masalah perekonomian juga dikelola oleh lembaga keislaman Lembaga Zakat Infak Shadaqah Garuda Indonesia (Lazis GA). Zakat dan infak pegawai Garuda saat ini telah dihimpun pada Lazis GA. Sehingga, kebutuhan bagi pegawai yang kurang mampu, terutama tenaga kontraktor, dapat dipenuhi dari Lazis. Selain diberikan kepada karyawan yang membutuhkan, bantuan tersebut juga diberikan kepada masyarakat sekitar perusahaan yang tidak mampu.

Rohis GA juga bersinergi dengan Koperasi Garuda Indonesia untuk membuat lembaga keuangan syariah berupa BMT. Langkah ini merupakan upaya untuk menjauhi riba dan rentenir yang cenderung merugikan bagi masyarakat, oleh karena itu Rogis GA terus berusaha untuk menghidupkan kembali koperasi dalam bentuk BMT.

Bantuan Sara Pendidikan dan Ibadah

Sebagai perusahaan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia memberikan bantuan pengembangan fasilitas peribadahan dan peningkatan kualitas pendidikan di sejumlah pondok pesantren. Bantuan tersebut bagian dari memberi kontribusi nyata untuk lingkungan masyarakat yang sejahtera. Pemberian bantuan beasiswa beserta fasilitas pendidikan dan juga sarana peribadahan ini diharapkan dapat meningkatkan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan pendidikan dan peribadatan berkualitas, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, berprestasi dan berakhlak di Indonesia. Bantuan tersebut diberikan melalui pemberian sarana dan prasana kegiatan belajar mengajar berupa fasilitas komputer dan sarana pendukung fasilitas pendidikan lainnya.

Program-program tersebut di atas, dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan sebagai ihtiar dalam mendukung dan membantu program-program pemerintah dalam mencapai kehidupan masyarakat yang unggul, baik dalam bidang pendidikan, sosial dan ekonomi. []

RELATED ARTICLES

‘SENYUM’-an Lintasarta Untuk Kemaslahatan Ummat

KIBLATKU.COM - PT Aplikanusa Lintasarta (Lintasarta) adalah perusahaan yang bergerak dibidang ICT (Information and Communication Technology) yang memiliki sejarah panjang dibidang pemenuhan...

Rohis PT Indosat Tbk, Membentuk Pegawai Profesional Berkarakter Islam

KIBLATKU.COM - PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan...

Milad ke-35, Badan Amal Muslim Inggris Bagikan 35.000 Paket Makanan

Sebuah badan amal Muslim Inggris terkemuka (Muslim Aid) siap mengirimkan 35.000 paket makanan kepada masyarakat yang membutuhkan selama musim dingin di London....

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

UIN Jakarta Raih Predikat Perguruan Tinggi Menuju Informatif

KIBLATKU.COM - Komisi Informasi Pusat (KIP) menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021....

BPJPH Dorong Terbentuknya Lebih Banyak Lembaga Pemeriksa Halal

KIBLATKU.COM - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Muhammad Aqil...

Kapolri dan Para Tokoh Nasional Apresiasi  HUT Gerakan Indonesia Optimis ke-3

Jakarta - Sejumlah tokoh nasional, petinggi TNI, Polri, ulama, artis, dan ketua OKP memberikan testimoni pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan...

Polemik Pencatatan Nikah Siri, Ini Komentar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

KIBLATKU.COM - Polemik tentang pernikahan siri dapat ditulis di Kartu Keluarga (KK) menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Ini dipicu dari keberadaan Peraturan...

Recent Comments