Ekonomi Islam News

Sah, UPZ Bank Muamalat Resmi Dibentuk

KIBLATKU.COM – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) meresmikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BAZNAS PT Bank Muamalat Indonesia. Peresmian UPZ BAZNAS Bank Muamalat merupakan salah satu upaya untuk memaksimalkan potensi zakat, infak, dan sedekah di lingkungan Bank Muamalat.

Peresmian itu ditandai dengan pemberian Surat Keputusan Pembentukan UPZ BAZNAS Bank Muamalat No 2 Tahun 2021, serta telah sesuai dengan UU No. 23 tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan BAZNAS No 2 tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Unit Pengumpul Zakat.

Acara peresmian dihadiri oleh Ketua BAZNAS RI, Prof. Dr. K.H. Noor Achmad, M.A, secara daring melalui kanal YouTube BAZNAS TV, pada Senin (1/2).

Ketua BAZNAS RI, Noor Achmad menyambut baik peresmian UPZ BAZNAS Bank Muamalat. Menurut Noor, keterlibatan pimpinan Bank Muamalat di susunan kepengurusan UPZ juga menandakan komitmen yang sangat kuat dari Bank Muamalat terhadap persoalan umat.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan Bank Muamalat selaras dengan visi dan misi BAZNAS, sebagai pilihan pertama pembayar zakat dan lembaga utama menyejahterakan umat. Keterlibatan para pimpinan Bank Muamalat di UPZ ini, akan menjadi contoh positif bagi pihak lainnya, sebagai bentuk kepedulian terhadap umat,” kata Noor.

Noor pun berharap, hal ini turut menjadi inspirasi bagi berbagai pihak untuk bersama melakukan langkah serupa sebagai upaya membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ini luar biasa, suatu integritas keumatan, keislaman, untuk patuh tehadap perundangan yang ada. Mudah-mudahan Allah senantiasa melindungi kita semua,” katanya lagi.

Sementara itu, President Director Bank Muamalat Indonesia, Achmad K. Permana meyakini peresmian UPZ BAZNAS Bank Muamalat ini akan dapat bersinergi dengan Baitulmaal Muamalat (BMM) yang telah terlebih dahulu berdiri.

“Kami meyakini dengan diresmikannya UPZ ini efektivitas pekerjaan dari UPZ BAZNAS Bank Muamalat maupun BMM nantinya akan lebih baik lagi dan tentunya dengan kerja sama yang sudah dibangun dengan BAZNAS, kami yakin akan banyak kerja sama yang dapat digali dalam berbagai hal,” katanya.

Ia menambahkan, dengan dengan cabang Bank Muamalat yang luas serta didukung teknologi yang dimiliki, pihaknya optimistis bisa bermanfaat sebagai sarana distribusi oleh BAZNAS untuk menyejahterakan umat.

“Kami yakini ke depannya akan semakin baik dikerjasamakan. Kepada para pengurus UPZ BAZNAS Bank Muamalat saya ucapkan selamat bekerja sebagai unit baru dengan tatanan baru, saya yakin teman-teman bisa bekerja lebih giat lagi dan bekerja sama dengan Bank Muamalat maupun dengan BAZNAS nantinya. Insya Allah ini akan menjadi media untuk ibadah kita melalui Unit Pengumpul Zakat BAZNAS Bank Muamalat,” pungkasnya.

Acara turut dihadiri Wakil Ketua BAZNAS RI, Mokhamad Mahdum SE, MIDEc, AK, CA, CPA, CWM; Pimpinan BAZNAS Rizaludin Kurniawan, S.Ag. M.Si; Direktur Utama BAZNAS RI, Arifin Purwakananta, S.Kom; Kadiv UPZ Nasional BAZNAS, Faisal Qosim, Lc; Kepala Bagian UPZ Nasional BAZNAS, Mohan SE, M.EI; Staf Senior UPZ Nasional BAZNAS, Tri Hadian, ST.

Sementara dari pihak Bank Muamalat yang hadir di antaranya President Director Bank Muamalat Indonesia, Achmad K. Permana; Compliance, Risk & Legal Director Bank Muamalat/Direktur Supervisi dan Pembina Baitul Maal Muamalat (BMM), Andri Donny; Chief Human Capital Officer Bank Muamalat/Penasehat Unit Pengumpul Zakat BMI, Riksa Prakoso, dan Executive Director Baitul Maal Muamalat, Novi Wardi.

Susunan kepengurusan di UPZ BAZNAS Bank Muamalat Indonesia periode 2021-2026 juga telah ditetapkan, yakni Penasehat, Riksa Prakoso; Ketua, M Ade Kurniawan; Sekretaris, Ardiansyah Rakhmadi; Bendahara, R Sigit Sudarmono.[]

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *