Saturday, September 18, 2021
Home Kajian Subhanallah, Inilah Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan

Subhanallah, Inilah Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan

KIBLATKU.COM – Akhir-akhir ini, wabah virus corona kembali menghantui warga dunia dengan penambahan kasus yang signifikan dari ragam mutasi virus Covid-19 tersebut, tak terkecuali Indonesia. Bahkan, World Health Organization (WHO) juga telah menetapkan status darurat global terkait virus satu ini. Hingga Rabu (19/5/2021), total orang yang terinfeksi seluruh dunia ada 163,651,670 orang dengan angka kematian 3,390,491. Sungguh mengerikan.

Terlepas dari ganasnya virus tersebut, sebagai umat muslim tentu kita menyadari bahwa semua yang terjadi saat ini merupakan atas kehendak Allah Azza wa jalla sebagai hikmah bagi umat manusia. Meski demikian, kita tak patut apatis atau cuek terhadap peristiwa yang menggemparkan ini.

Oleh karena itu, sebelum datang penyakit, alangkah lebih baiknya kita mengantisipasi dengan amalan yang telah diajarkan Rasulullah Saw, seperti membaca Alquran. Apalagi, Alquran sebagai pedoman bagi umat Muslim juga memiliki banyak keistimewaan. “Dan Kami turunkan dari Alquran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Q.S Al-Israa: 82)

“Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku (Q.S as-Syu’raa’:80). Ini adalah do’a yang pernah diamalkan oleh Nabi Ibrahim As.

Dalil beruikutnya yakni hadis riwayat Bukhari yang artinya: “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR Bukhari).

Manfaat Membaca Alquran Bagi Kesehatan

Islam mengambil pendekatan holistik untuk kesehatan, dimana kesehatan fisik, emosi dan spiritual tidak dapat dipisahkan. Ketiganya merupakan bagian penting yang mampu membuat seseorang benar-benar sehat. Ketika satu bagian terluka, bagian lainnya akan ikut terluka. Oleh karena itu, untuk membentengi diri dari berbagai penyakit yang datang termasuk nCov-19.

Tak berlebihan jika kiranya kita harus membiasakan rutin membaca Alquran setiap hari. Tak hanya mendatangkan pahala yang berlimpah, membaca Alquran juga bisa memberikan implikasi besar bagi kesehatan tubuh. Semakin sering dan konsisten diterapkan, maka semakin besar pula manfaat yang akan didapatkan. Berikut beberapa manfaat membaca Alquran bagi kesehatan.

Menurunkan Tingkat Stres

Salah satu manfaat membaca Alquran bagi kesehatan yang dapat dirasakan dalam sekejap ialah datangnya ketenangan jiwa. Dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Salford, Inggris, para ahli menemukan bahwa para peserta yang membaca Alquran menjadi jauh lebih rileks dan tenang setelahnya, dibandingkan peserta lain yang membaca buku biasa. Bahkan dalam penelitian lain diketahui, hanya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Quran, ternyata mampu menimbulkan efek terapeutik sekalipun pada orang yang tak mengerti isi ataupun arti dari ayat-ayat Quran yang didengarnya.

Menstabilkan Tekanan Darah dan Detak Jantung

Membaca Alquran merupakan salah satu bentuk relaksasi yang disebut dengan metode relaksasi transendensi. Suatu metode relaksasi yang berfokus pada frase yang diucapkan secara berulang dengan ritme teratur disertai dengan kepasrahan diri pada Sang Khaliq. Pada saat pengulangan frase tersebut, tubuh akan mengalami proses relaksasi yang merangsang pengaktifan sekaligus pengendalian saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis) sehingga akan menciptakan tekanan darah juga denyut jantung yang stabil.

Membantu Memusnahkan Sel-Sel Kanker

Seorang dokter spesialis kanker dari rumah sakit Beirut, Lebanon, menyatakan bahwa Alquran memiliki efek luar biasa terhadap sel-sel tubuh. Irama-irama khas yang keluar dari bacaan ayat suci Quran mampu meningkatkan aktivitas sel-sel sehat dan membangkitkan sistem imun yang melemah agar dapat bertempur melawan sel-sel tumor atau kanker yang paling berbahaya sekalipun.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika seseorang benar-benar membenamkan diri pada ayat-ayat Quran yang dibacanya, ia akan terlempar jauh ke titik nyaman di mana pikirannya akan menjadi jernih, daya ingat menjadi tajam dan konsentrasi pun akan semakin kuat. Dalam satu hadits dikatakan bahwa, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah (masjid) Allah, mereka membaca Alquran dan mempelajarinya, melainkan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka diliputi dengan rahmat, dikelilingi para malaikat, dan Allah menyebut-nyebut mereka pada makhluk yang ada di sisinya” (HR. Muslim).

Nutrisi Terbaik Bagi Otak

Sama seperti otot-otot di dalam tubuh, otak juga membutuhkan latihan untuk membuatnya tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Membaca Alquran menjadi cara terbaik yang dapat diterapkan. Energi positif dari ayat-ayat Quran yang dilantunkan dapat menjadi nutrisi otak yang paling berharga dan bahkan mungkin dapat mencegah dari penyakit yang menyerang saraf  otak.

Demikian penjelasan singkat tentang manfaat membaca Alquran bagi kesehatan. Oleh karena itu, sebelum datang berbagai penyakit atau hal-hal yang tidak diinginkan, mari meluangkan waktu setidaknya 5-20 menit sebelum beraktivitas di pagi hari untuk membaca Alquran, agar kesehatan dan keberkahan selalu menyertai kita. Insya Allah

RELATED ARTICLES

Kurban Kambing secara Patungan, Bolehkah?

KIBLATKU.COM - Idul Adha identik dengan kurban. Ia sekaligus menjadi ajang berbagi sesama. Pada hari itu, semua muslim di manapun merasakan nikmatnya...

Ketentuan Qurban dan Dasar Hukumnya dalam Islam

KIBLATKU.COM - Idul Fitri dan Idul Adha datang sekali dalam satu tahun. Keduanya adalah hari besar Islam dengan fadhilah yang berbeda. Masing-masing...

Kiat Menghindari Bencana (Musibah) Menurut Alquran dan Hadis

KIBLATKU.COM - Bencana alam bukan sekadar fenomena biasa sebagaimana dipahami orang-orang sekuler. Allah Azza wa Jalla sudah menguraikannya dengan sangat jelas dalam...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Rektor UIN Sumatra Utara Siap Integrasikan Merdeka Belajar dan Wahdatul Ulum

Kiblatku.com - Presiden RI Joko Widodo menghadiri pertemuan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yang digelar di Solo, Senin (13/9/2021).

Tinjau Vaksinasi Pesantren, Wapres Ingatkan Menjaga Diri Perintah Agama

KIBLATKU.COM - Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin meninjau gelaran vaksinasi dan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas siswa Madrasah Aliyah di Pondok...

Kemenag Sediakan 6,9M untuk Masjid dan Musala Terdampak Covid, Berikut Syaratnya!

KIBLATKU.COM - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Ditjen Bimas Islam) Kementerian Agama (Kemenag) akan menyalurkan bantuan operasional masjid dan musala di daerah...

Wamenag: Pengusaha Muslimah Wajib Menguasai Literasi Digital

KIBLATKU.COM - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengingatkan para pengusaha muslimah tentang pentingnya penguasaan literasi digital dalam pengembangan usahanya.

Recent Comments