Thursday, October 28, 2021
Home News Nasional Tutup Tahun 2020, NPC Gelar Doa Bersama Ulama dari Negeri Syam

Tutup Tahun 2020, NPC Gelar Doa Bersama Ulama dari Negeri Syam

kiblatku.com – Menjelang di penghujung akhir tahun 2020 dan juga menyambut datangnya tahun 2021, Nusantara Palestina Center (NPC) menggelar doa bersama yang dihadiri oleh ulama dari negeri Syam Palestina, Syekh Abd al-Bari bin Muhammad Khallah, Kamis (31/12/2020) malam.

Acara doa bersama dengan tema “Menguatkan Komitmen Kemanusiaan” ini digelar melalui online via aplikasi Zoom dan diikuti ratusan peserta dari Indonesia, Palestina, Mesir dan beberapa negara lainnya.

Dimulai dengan lantunan ayat suci Alquran oleh Qāri’ dari bumi Syam, Alhafiz Mohammad Saleh Abo Tayoun, acara ini kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur Pelaksana NPC Ihsan Zainuddin.

Direktur NPC itu menegaskan kembali posisi NPC adalah sebagai jembatan cinta dan persaudaraan atau jisr al maḥabbah wa al ukhuwwah. Hal ini dalam berbagai kesempatan terus ia sampaikan. Ihsan pun menggarisbawahi bahwa Palestina selalu di hati masyarakat Indonesia dan Indonesia akan senantiasa membersamai Palestina selamanya.

“Setiap saat saya sampaikan, bahwa lembaga ini adalah sebagai jembatan cinta dan persaudaraan atau jisr al maḥabbah wa al ukhuwwah, Palestina selalu di hati kami dan kami akan senantiasa membersamai Palestina selamanya,” kata Ihsan dalam bahasa Arab.

Dalam acara tersebut, ulama di bidang fikih komparatif, Syekh Abd al-Bari bin Muhammad Khallah selaku pembicara, mengajak seluruh elemen untuk melakukan introspeksi diri. Menurutnya introspeksi memiliki tempat penting dalam Islam serta merupakan usaha identifikasi dan koreksi atas kesalahan-kesalahan yang ada secara teratur dan akan melindungi dari keburukan.

Ia menuturkan semua yang ada adalah milik Allah, Swt., dan akan kembali kepadaNya. Ulama tamatan Universitas Tripoli, Lebanon itu, mengingatkan tentang hakikat manusia sebagai hamba Allah yang harus taat kepadaNya.

“Semua yang ada di kita adalah milik Allah, dan yang paling penting ialah mengenal hakikat kita sebagai manusia adalah hamba Allah, maka kita dituntut untuk melakukan introspeksi diri setiap saat,” jelas Syekh Abd al-Bari.

Lebih lanjut, Syekh Abd al-Bari memandang bahwa permasalahan Palestina semestinya menjadi masalah umat Islam seluruhnya. Sejarah mencatat bahwa Alaqsa di Palestina tidak dapat dilepaskan dari peradaban Islam. Alaqsa memiliki posisi yang istimewa di hati orang-orang Arab dan Muslim, karena ia adalah kiblat pertama dan salah satu tempat suci bagi umat Islam.

“Kita sebagai umat Islam permasalahan Palestina adalah permasalahan kita, sejarah membuktikan itu,” tegasnya.

Dalam akhir ceramahnya, Syekh Abd al-Bari menitipkan doa terbaiknya untuk kebaikan umat Islam dan diaminkan oleh segenap peserta yang ada.

Sementara itu, Pendiri sekaligus Ketua Dewan Pembina NPC Abdillah Onim, menyatakan NPC adalah amanah besar. Maka atas nama relawan NPC di Jalur Gaza, ia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia, khususnya para donatur dan sahabat NPC.

“NPC adalah amanah besar, maka atas relawan NPC di Jalur Gaza, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia, khususnya para donatur dan sahabat NPC,” pungkasnya.

Acara doa bersama ini ditutup oleh Munsyid Palestina, Abdullah yang mendendangkan nasyid Islami.

Seluruh keluarga besar NPC baik yang di Gaza, Kairo, Jordania, Turki, Indonesia dan para relawan yang tersebar di sejumlah wilayah di Nusantara berharap agar menjadi lebih baik dan bermanfaat di tahun 2021.

Diketahui sebentar lagi NPC akan menggelar ulang tahunnya yang ke-3 di bulan Maret 2021 mendatang. Hingga saat ini, NPC terus memainkan peran pentingnya dalam mengadvokasi masalah-masalah kemanusiaan di Palestina. Sebagai Jembatan Amanah Indonesia untuk Palestina, komitmen NPC adalah memberikan kemanfaatan pada misi-misi kemanusiaan dan perdamaian dunia sebagai perwujudan dari amanat Pembukaan Undang-undang Dasar Negara RI Tahun 1945 alinea ke-4, yakni mewujudkan perdamaian dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.[]npc

RELATED ARTICLES

UIN Jakarta Raih Predikat Perguruan Tinggi Menuju Informatif

KIBLATKU.COM - Komisi Informasi Pusat (KIP) menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021....

BPJPH Dorong Terbentuknya Lebih Banyak Lembaga Pemeriksa Halal

KIBLATKU.COM - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Muhammad Aqil...

Kapolri dan Para Tokoh Nasional Apresiasi  HUT Gerakan Indonesia Optimis ke-3

Jakarta - Sejumlah tokoh nasional, petinggi TNI, Polri, ulama, artis, dan ketua OKP memberikan testimoni pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

UIN Jakarta Raih Predikat Perguruan Tinggi Menuju Informatif

KIBLATKU.COM - Komisi Informasi Pusat (KIP) menggelar Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021....

BPJPH Dorong Terbentuknya Lebih Banyak Lembaga Pemeriksa Halal

KIBLATKU.COM - Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag Muhammad Aqil...

Kapolri dan Para Tokoh Nasional Apresiasi  HUT Gerakan Indonesia Optimis ke-3

Jakarta - Sejumlah tokoh nasional, petinggi TNI, Polri, ulama, artis, dan ketua OKP memberikan testimoni pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan...

Polemik Pencatatan Nikah Siri, Ini Komentar Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta

KIBLATKU.COM - Polemik tentang pernikahan siri dapat ditulis di Kartu Keluarga (KK) menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Ini dipicu dari keberadaan Peraturan...

Recent Comments